1/03/2008

Khasiat madu lebah

Menurut Nabi Sallallahu 'Alaihi Wasallam setiap penyakit itu pasti ada obatnya. "Berobatlah, maka sesungguhnya Allah tidak meletakkan penyakit kecuali Allah menyediakan baginya obat, kecuali satu penyakit, iaitu tua" ( Hadis riwayat Abu Daud)
Firman Allah dalam Surah An-NAhl: 69 :
"Kemudian makanlah daripada setiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan. Daripada perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan."
Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: "Barangsiapa yang menjilat madu sebanyak tiga kali pagi pada setiap bulan, maka dia tidak akan terkena cubaan yang besar."

Sejarah telah banyak dan lama mencatat kegunaan madu di segala bidang. Mulai dari makanan, obat-obatan sampai bahan untuk alat-alat kecantikan.Dari peninggalan Mesir kuno yang didapat dari dinding piramide dan obelisk, madu bukan barang aneh bagi penduduk mesir sebagai makanan maupun obat-obatan. Bahkan sejak jaman itu pula penduduk mesir kuno sudah umum menggunakan madu sebagai makanan yang bermanfaat dan bernilai gizi tinggi, juga sebagai obat yang mujarab untuk berbagai macam penyakit.Benarkah madu dapat membuat orang awet muda ?Ibnu sina, sarjana terkenal di bidang ketabiban dan falsafah (890 - 1037), dalam usia tua masih tetap kelihatan sehat dan segar bugar layaknya seorang pemuda, mengatakan ia makan makanan yang selalu dicampur dengan madu ketika ditanya apa resepnya. Juga di zaman Julius Caesar berkuasa di romawi, ada seorang anggota senat yang paling tua usianya tetapi tetap nampak sehat dan bugar.

Maka ketika Pollius Romillius ( nama anggota senat tersebut ) merayakan hari ulang tahunnya yang ke- 100, kaisar bertanya tentang resep awet mudanya. Jawabnya : "Saya selalu makan makanan yang dicampur dengan madu, dan menghindari makanan yang banyak mengadung minyak."Pythagoras yang terkenal dalam bidang ilmu pasti dapat mencapai umur lebih dari 90 tahun.Democritus yang terkenal dengan teori atomistiknya itu berumur 100 tahun lebih Hipocrates dapat hidup lebih dari 107 tahun, juga Dioscorides, Anaceron, Aristoteles, dan sebagainya, dapat berusia lebih dari rata-rata usia sesamanya. Ketika ditanyakan rahasia untuk mencapai usia tua itu mereka menjawab " Makanlah selalu hidangan yang dicampur dengan Madu atau susu"

Di zaman sekarang pun di daerah pemeliharaan lebah madu seperti misalnya Lembah Primorye , Rusia, banyak dijumpai orang-orang yang usianya melebihi usia rata-rata manusia jaman sekarang, misalnya 90 tahun lebih ,100 tahun lebih .Seorang pemelihara madu dari daerah itu yang bernama Pyotr Shalev hampir berusia 145 tahun. Dari kecil sampai usia tersebut belum pernah ia menderita sakit. Jangankan sakit berat , pilek atau kepala pusingpun belum pernah, begitu pula ayah dan kakeknya.Banyak pemelihara lebah lainnya berbadan sehat seperti Pyotr Shalev. Sebabnya tidak lain karena dalam makanan mereka, madu selalu menjadi sahabat karibnya.


Mengapa madu mempunyai khasiat setinggi itu ?Dari hasil penelitian dan analisa diketahui, madu mengandung bermacam logam, vitamin, asam amino, asam organik dan sebagainya. Logam itu misalnya Ca, Na, K, Fe, Cl, P, S, J, dan juga Mn, Si, Cr, Ni, Za dan sebagainya. Vitamin antara lain Vit A, B kompleks, C, D, E, K, H, dan beberapa vitamin dan provitamin yang penting bagi tubuh dan kesehatan. Asam-asam organik seperti asam laktat, oksalat, sitrat, tartrat, malat dan sebagainya.Bahkan di dalam madu juga terdapat suatu zat yang disebut biogenetic stimulan yaitu suatu zat yang dapat merangsang keaktifan pertumbuhan tubah manusia. Asam amino yang berguna ( essential amino acids ), Karbohidrat, gula, dan banyak macam zat lainnya yang berguna bagi tubuh. Sehingga 1 Kg madu mempunyai nilai kalori sebanyak 3.150 Kkal.Bagaimana mana menggunakan madu sehingga bermanfaat setinggi itu ?Bagi orang eropa maupun amerika madu merupakan campuran untuk makanan seperti selai pada roti, kue-kue.


Tetapi bagi orang di indonesia biasanya , madu dimakan dengan telur ayam sebagai obat bagi kebugaran.Penggunaan Madu untuk obat maupun kesehatan biasanya diatur sebagai berikut: Untuk orang dewasa setiap hari memerlukan 100 - 200 gr, dimakan 3 kali sehari. Anak-anak membutuhkan 30 - 75 gr, dimakan 3 kali sehari. Dianjurkan juga mengkonsumsi madu dicampur dengan makanan atau minuman. Maksudnya , selain untuk menambah kalori atau gizi juga akan lebih mengharumkan hidangan itu sehingga menambah selera.Sekitar 2500 tahun yang lalu Hippocrates telah mulai menggunakan madu sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, diantaranya penyakit luka menahun, luka-luka dalam mulut.Hasilnya sangat mengagumkan , luka -luka akibat infeksi atau terbakar dengan madu cepat sembuh dan tidak menyakitkan rasanya.

Menurut Semirnov, madu mampu untuk mengobati luka, karena di samping daya antibiotik madu, didalamnya juga terdapat suatu zat yang kerjanya menjadi stimulans untuk sel-sel jaringan agar cepat serta aktif tumbuh dan memperbanyak. Dengan daya antibiotiknya kuman-kuman yang ada pada luka itu cepat dihambat keaktifannya atau dibunuh sama sekali pertumbuhannya dan daya stimulasi jaringan cepat menjadi baik.Untuk penderita TBC paru-paru, ibnu sina memberikan resep sebagai berikut: Campurkanlah beberapa gram madu dengan mahkota bunga mawar, lalu dimakan bersama. Bahkan sangatlah dianjurkan kepada para pasien TBC untuk meminum madu setiap saat antara 50 - 100 gr agar mempercepat penyembuhan penyakitnya.Pepatah Kuno berbunyi : Madu dan susu teman terakrab untuk usus dan lambung kita

Maksudnya, penyakit didalam usus atau lambung dengan madu akan lebih cepat sembuhnya. Bahkan hasil penelitian Muller, luka-luka yang terdapat didalam usus lebih cepat disembuhkan kalau penderita selalu makan makanan yang dicampu madu

Keutamaan madu

Madu ternyata tak cuma nikmat diminum. Si kental manis asam ini juga baik untuk kesehatan tubuh pengonsumsinya. Bahkan, ia sudah mulai dilirik sebagai bahan obat.

Padahal, sebenarnya madu merupakan cadangan pakan bergizi tinggi bagi anak-anak lebah. Wajar kalau kemudian madu dimasukkan ke dalam kelompok bahan makanan bergizi oleh manusia.

Sebagian masyarakat Indonesia yakin kalau madu merupakan cairan alami yang enak dan manis. Kita juga beranggapan, madu kental itu sebagai "makanan istimewa" untuk kebugaran tubuh. Serta katanya, mampu menjaga lestarinya kemampuan seksual seseorang. Menurut sumber kepustakaan, setiap 1.000 g madu bernilai 3.280 kalori. Nilai kalori 1 kg madu sama dengan 50 butir telur atau 5,575 l susu, atau 1,680 kg daging.

Sebetulnya, khasiat madu amat berkaitan dengan kandungan gulanya yang tinggi. Yakni fruktosa 41%, glukosa 35%, dan sukrosa 1,9%. Serta unsur kan-dungan lainnya, seperti tepung sari ditambah berbagai enzim pencernaan. Lalu ada vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, antibiotika, dan lainnya.

Meski sama manisnya, perlakuan tubuh manusia terhadap madu yang manis itu berbeda dibandingkan dengan gula atau gula pasir. Madu dapat diproses langsung menjadi glukogen, sedangkan gula harus diproses terlebih dulu oleh enzim pencernaan di usus. Dengan demikian tubuh manusia bisa lebih cepat merasakan manfaat madu dibandingkan dengan gula pasir. Dari beberapa hal itu, rasanya bisa disimpulkan kalau madu bisa memberikan manfaat sangat penting dalam kehidupan manusia.

Madu peternak lebih baik

· Madu memang sudah dikenal sebagai sumber pakan berkhasiat, konon sejak ribuan tahun lalu.

Dalam penggunaan sehari-hari, selain diminum dan dicicipi langsung, madu biasanya dipakai dalam industri susu bubuk, pabrik jamu, juga industri bahan makanan, misalnya untuk campuran roti, kue-kue, dan lainnya. Termasuk pula sebagai salah satu bahan makanan dalam kaleng, sirup, dan sebagainya.

Sayangnya, konsumen umumnya masih buta tentang mutu madu yang baik. Apalagi berbagai kemasan madu yang ada di pasaran jarang mencantumkan kandungan apa saja yang terdapat pada madu dalam botol itu. Seandainya dicantumkan pada kemasan, tetap saja sulit untuk mengetahui benar tidaknya kandungan 11 unsurnya, sebagai parameter yang ditentukan dalam Standar Industri Indonesia atau SII 0156-86.


Penelitian dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan Balai Besar Penelitian dan Industri Hasil Pertanian Bogor pada 1991 menyimpulkan, mutu madu produksi Indonesia, umumnya masih berada di bawah ketentuan SII. Lebih mengejutkan lagi, hasil penelitian yang dilakukan Laboratorium FMIPA Universitas Brawijaya Malang pernah menyimpulkan bahwa mutu madu produksi petani peternak secara umum, lebih baik dibandingkan dengan madu yang dijual di toko-toko, dengan segala kemewahan merek dan kemasannya.


Di sinilah perlunya peran para ahli untuk memberikan berbagai syarat madu yang memenuhi standar secara jelas dan ringkas, sehingga mudah diserap masyarakat luas. Di lain pihak perlu adanya itikad baik dan kejujuran dari para produsen serta penjual madu, sehingga berbagai macam madu yang beredar di pasaran tidak membingungkan kualitasnya.

Bukan "susu ratu"
· Dalam perkembangan lebih lanjut, manusia menemukan produk lebah yang lebih hebat dibandingkan dengan madu, yaitu royal jelly alias "susu ratu".

Dalam beberapa penelitian, royal jelly memberikan petunjuk katanya bisa menggantikan sel-sel tubuh yang mati, serta memelihara kebugaran tubuh. Juga disebut-sebut - lagi-lagi katanya - mampu mempertahankan keperkasaan lelaki. Bahkan, beberapa ahli lebah madu di Eropa kini kabarnya sedang meneliti kemungkinan royal jelly untuk mengobati penderita leukemia, kanker, dan AIDS.


Madu konon bisa menggantikan antibiotika bagi pasien pengidap kanker, juga menyembuhkan efek sampingan prosedur kuratif, dan obat rematik. Sedangkan venom atau racun lebah dapat untuk mengobati prostatitis kronis dan wasir. Juga dapat merehabilitasi pasien berpenyakit jantung, penyakit kulit, tukak lambung, luka bakar, dan sebagainya. Dalam suatu seminar internasional di Swis, tahun 1995, para peneliti dan ahli apiterapi juga ahli farmasi menyatakan dirinya siap bekerja sama secara internasional, untuk mengembangkan produksi obat-obatan dari produk lebah madu dan royal jelly.


Royal jelly yang disebut "susu ratu" sebetulnya bukan susu. Apalagi madu yang dihasilkan sang ratu lebah. Itu sebetulnya bahan makanan khusus untuk ratu lebah. Diduga karena terus-menerus makan royal jelly, queen bee itu bisa berumur antara 5 - 6 tahun.


Sejak 1922, seorang peneliti dari Prancis telah merekomendasikan royal jelly untuk pengobatan. Meski begitu sampai saat ini berbagai unsur yang terkandung di dalamnya belum bisa diketahui seluruhnya. Royal jelly yang manis agak kecut tetap merupakan misteri yang menggoda para ilmuwan.


Selebihnya, masih banyak laporan penelitian tentang berbagai produk lebah yang menunjukkan hasil positif untuk pengobatan, baik setelah mengonsumsi madu, tepung sari atau polen, maupun royal jelly. Sayangnya, kenyataan itu sulit diterima organisasi kesehatan dan perguruan tinggi kedokteran di beberapa negara dengan alasan kurangnya bukti ilmiah. Setidaknya, begitulah antara lain pernyataan pakar apiterapi dari Jerman.

Madu untuk kecantikan

Cantik adalah dambaan setiap orang. Terlebih lagi bagi kaum wanita. Banyak cara yang dilakukan. Mulai dari nyobain kosmetik yang murah sampe yang mahal. Kebanyakan dari bahan kimia. Kenapa nggak nyoba merawat kecantikan dengan menggunakan bahan alami? alias back to nature? Tadi iseng-iseng browsing di google nemu artikel dari Kapanlagi.com tentang manfaat madu untuk kecantikan. Nih dia khasiatnya :Menyejukan Kulit (Untuk Kulit Berjerawat Ringan)
Campurkan آ½ cangkir air hangat dengan آ¼ sendok teh garam. Dengan menggunakan cotton bud oleskan langsung ke bagian yang berjerawat. Beri tekanan dengan kapas selama beberapa menit, untuk melembutkan bagian tersebut. Gunakan kapas, oleskan madu pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit. Lalu basuh dan tepuk-tepuk perlahan hingga keringkan.


Melembutkan Bibir


Oleskan madu di permukaan bibir. Lakukan sesering mungkin. Maka bibir yang kering akan menjadi lebih lembut. Masker Pengencangan


Campurkan satu sendok makan madu, 1 biji putih telur, satu sendok teh gliserin (tersedia di apotik dan took kecantikan) dan campurkan hingga jadi semacam pasta. Oleskan perlahan pada wajah dan leher. Biarkan selama 10 menit, lalu basuh dengan air hangat.

Conditioner untuk Rambut
Campurkan آ½ cangkir madu dengan آ¼ cangkir minyak zaitun. Oleskan sedikit demi sedikit pada rambut disertai pijatan ringan di kepala hingga semua rambut terolesi. Tutup rambut dengan penutup rambut selama 30 menit. Lepaskan penutup rambut, lalu keramas dengan sampo dan bilas hingga bersih. Keringkan dengan cara normal.


Kulit Berkilau:

Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah.


Mandi Madu
Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan آ¼ hingga آ½ cangkir madu di air mandi Anda.

Scrub Madu


Campurkan 1 sendok teh madu dengan seikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

Pembersih Wajah Setiap Hari

Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

Rambut Berkilau
Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.





No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...