3/12/2009

Nyeri di Tumit Kanan


Nyeri di Tumit Kanan

Mas Toto, saya mempunyai keluhan yaitu SAKIT PADA TUMIT KAKI SEBELAH KANAN, ini sudah berlangsung cukup lama. Dan kalau saya pencet pada tumit kaki yangsakit maka akan terasa benjolan-benjolan kecil seperti kelenjar. Dan apabila bangun dari tidur atau duduk terlalu lama maka sakit akan terasa sekali. Jadi saya mau tanya apakah penyakit saya ini, dan kira-kira apa obatnya? Sebab sampai saat ini saya belum pernah periksa.

Demikian saja pertanyaan dari saya, semoga dapat dibalas secepatnya, dan terima kasih.

Senja Nopemberitno



Jawaban
Saudara Senja Yth,

Tumit merupakan salah satu bagian dari sistem pertulangan tubuh kita yang terletak di kaki. Tumit itu sendiri merupakan tulang terbesar dari telapak kaki. Tulang ini terletak di sebelah belakang yang mengalihkan berat badan di atas tanah ke belakang.

Dengan demikian, tulang tumit mempunyai tugas besar untuk menyangga berat badan, terutama ketika sedang berjalan atau berlari. Tumit juga bersendi, di sebelah atas tumit bersendi dengan talus (tulang tempat mata kaki berada) dan di depan dengan kuboid (tulang penghubung dengan jari-jari kaki).

Pada tumit juga diselimuti otot dan serabut saraf yang banyak sekali jumlahnya. Jika terjadi nyeri, rasa sakit itu bisa berasal dari otot, saraf atau tulang tumit itu sendiri. Bahkan, bisa gabungan dari dua atau tiga penyebabnya. Hanya saja, rasa nyeri yang disebabkan oleh mereka dapat dibedakan misalnya, bila yang terkena ototnya, maka rasa sakit akan terasa secara periodik, maksudnya tidak terus menerus, walau diajak jalan sekalipun. Biasanya, bila rasa sakit disebabkan oleh otot, ada otot yang mengejang atau kaku sehingga perlu dilemaskan ototnya dengan cara mengompres dengan air hangat.

Jika nyeri berasal dari saraf, sifatnya terus menerus terutama bila tersentuh atau akan diajak jalan rasa nyeri akan bertambah hebat, karena ada kemungkinan salah satu sarafnya terjepit di sendi tulang. Ciri khas dari saraf terjepit ini tidak hanya dirasakan di tempat yang sakit, tapi juga di daerah anggota tubuh lainnya yang berjauhan letaknya dengan tumit, karena jalinan saraf menyatu dari ujung kepala hingga ujung kaki. Sedangkan pada tulang, rasa nyeri yang ditimbulkan hampir sama dengan otot, hanya saja sifatnya setempat, terutama jika akan diajak berjalan.

Insya Allah, bisa dicoba dengan herba seperti Herba Tuju Angin, Radix dan Minyak But-But. Cara mengonsumsinya, 2x2 kapsul Herba Tuju Angin dan Radix, untuk pagi dan sore, diminum 30 sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Sedangkan Minyak But-But cukup dioleskan pada tumiti yang sakit setelah minyak dipanaskan di atas sendok makan dengan lilin atau korek api. Lakukan setiap habis mandi dan ketika akan tidur.

Di samping itu, sebaiknya anda menggunakan sepatu atau sandal yang ceper jangan menggunakan sepatu berhak tinggi, karena sepatu ini malah akan membuat sendi terasa sakit. Bila anda bekerja membawa tas, bawalah tas tersebut di sebelah kiri supaya beban pada tumit kanan tidak terlalu berat menahan beban. Begitu pula ketika berjalan, usahakan untuk sementara waktu berat badan dialihkan ke kaki kiri.

Ketika tidur, letakkan tumit kaki anda yang sakit di atas bantal guna mengurangi tekanan dan relaksasi serta mengupayakan agar pembuluh darah lebih mudah mengalir ke jantung.

Saya kira tidak ada salahnya bila anda segera konsultasi ke dokter orthopedi dan memerlukan pemeriksaan rontgen guna mengetahui kondisi tumit anda yang sebenarnya.




Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...