3/12/2009

Tubuh yang Ideal

Kepada Yth. Pak Toto Saya pemuda berumur 27 tahun, saya ingin mendambakan tubuh yang ideal. Sekarang berat badan saya 53 kg, tinggi badan 172 cm. Yang saya tanyakan, terapi atau obat apa yang bisa membuat tubuh saya lebih ideal? Masalah makan saya tidak masalah, 3 kali sehari kadang saya juga suka ngemil/makan makanan ringan. Pernah juga saya coba minum susu suplemen dan menjalankan fitness tapi hasilnya nihil atau tidak pengaruh.

1. Apa faktor keturunan. Kedua orang tua saya mempunyai badan boleh dikatakan kecil, saudara kandung juga sama semuanya mempunyai badan yang kecil. Apakah benar faktor keturunan juga bisa mempengaruhi?

2. Apa faktor kesehatan. Dulu saya sekitar tahu 2004 awal. Pernah mengidap penyakit paru-paru (bronchitis ringan) dan berobat jalan. Apakah faktor penyakit juga bisa mempengaruhi?

3. Apakah Faktor Pikiran. Apakah dari tingkat tekanan dari pikiran juga bisa mempengaruhi/stress atau pikiran kurang tenang. Apakah bisa mempengaruhi juga?

4. Apakah faktro masalah pada pencernaan. Apakah pencernaan saya kurang baik, atau ada penyakit di perut.

Saya mohon saran dari Bapak, metode atau terapi apa yang bisa saya lakukan atau mengkonsumsi apa? Untuk bisa mendapatkan tubuh yang ideal.

Terus-terang kadang saya minder dengan kondisi tubuh saya ini, tapi saya masih bersyukur karena diberi kesehatan dengan tubuh yang kurus ini.

Terima kasih sebelumnya atas saran saran dari Bapak.

Guslim

Jawaban

Saudara Agus Salim Yth,

1. Dilihat dari uraian anda, faktor genetik memegang peranan utama mengapa badan anda tidak bisa gemuk kendati sudah banyak makan dan ngemil. Carrier atau sifat pembawa selalu membawa semua sifat dan kondisi tubuh untuk diturunkan kepada anak-anaknya, cucu-cucunya dan seterusnya. Namun, dalam satu keluarga, ada semua anggota keluarga mengalami hal yang sama, ada pula yang menurunkan pada 1-2 anak saja.

2. Saya kira, riwayat kesehatan yang anda alami sebelumnya tidak berpengaruh pada tubuh anda, tapi lebih berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh anda.

3. Begitu pula dengan faktor pikiran, lebih mempengaruhi tingkat kesehatan anda daripada bentuk tubuh anda.

4. Faktor pencernaan tidak banyak mempengaruhi gemuk tidaknya seseorang. Sekali lagi, semua akan bermuara pada kesehatan anda, dan bukan yang menyebabkan anda menjadi kurus.

Cara terbaik adalah dengan mensyukuri pemberian Allah tersebut, yang penting biar kurus tapi tetap sehat. Untuk menjaga kesehatan agar tetap prima tentunya diperlukan syarat-syarat seperti rajin berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, empat sehat lima sempurna dan cukup istirahat.

Cobalah anda lihat betapa banyaknya orang-orang yang sibuk menguruskan tubuh mereka. Mereka bersusah payah mencoba berbagai macam diet, terapi dan obat telah termasuk sedot lemak. Tentu, semuanya itu membutuhkan waktu dan biaya yang tidak kecil. Mereka berani banyak mengeluarkan uang hanya untuk satu obsesi, yakni menjadikan tubuh mereka kembali ideal, yaitu kurus.

Nah, anda yang tubuhnya sudah kurus mestinya lebih banyak bersyukur karena tipe badan anda ternyata menjadi impian bagi orang-orang yang tubuhnya gemuk dan overweight. Apakah anda masih ingin tetap gemuk supaya tidak minder di mata orang lain?





No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...