12/11/2007

Apakah Makhluk Halus Dapat Membantu Menjaga Rumah atau Gudang?


Assalammu'alaikum wr. wb.

Pak Ustadz, saya mau tanya apakah ada mahluk ghaib yang dapat membatu kita menjaga rumah atau gudang? Perlu Pak Ustadz ketahui, gudang milik keluarga saya yang sedang dibangun sering kecurian, dalam 1 bulan sudah 4 kali kecurian.

Dan ada saran dari kenalan dekat yang mengatakan, agar meminta bantuan pada orang yang dapat menyimpan mahluk ghaib untuk menjaganya, dengan cara menanamkan sesuatu di setiap sudut gudang (jika ada orang yang berniat jahat mahluk ghaib tersebut akan menampakan dirinya).

Yang ingin saya tanyakan, apakah hal tersebut diperbolehkan dalam agama Islam? Kalau tidak boleh, apakah ada cara lain yang lebih baik selain itu? Demikian Pak Ustadz pertanyaan dari saya, terima kasih.

Wassalammu'alaikum wr. wb.
Sulistiono

Jawaban
Wa'alaikumsalaam wr wb

Saudara Sulis, dalam Islam untuk menjaga gudang atau rumah ada dua jenis yaitu penjagaan yang sifatnya manusiawi, atau yang bisa terlihat seperti adanya Satpam sehingga tidak ada pencurian yang dapat dilakukan oleh manusia.

Adapun untuk menjaga gudang atau rumah dari pencurian yang dilakukan oleh manusia, yaitu dijaga dengan menggunakn makhluk halus, maka itu termasuk dalam tema kerjasama antara manusia dan jin. Kerjasama antara manusia dan jin sangat dilarang oleh Allah SWT, karena hanya akan menambah dosa dan kesesatan.

Seperti yang disebutkan dalam surat Al-Jinn ayat 6: Dan bahwasannya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.

Jadi, untuk menjaga kehilangan yang disebabkan oleh manusia harus dilakukan usaha penjagaan oleh manusia juga. Tidak boleh dilakukan dengan menggunakan jin, karena selain tidak diizinkan, juga akan berefek pada diri kita di kemudian hari. Seperti yang pernah terjadi pada zaman Abu Hurairah, Setan itulah yang justru mencuri harta di gudang yang digunakan untuk menyimpan harta zakat.

Jika kita menggunakan jin untuk menjaga gudang atau rumah, maka setan atau jin tersebut biasanya akan meminta sesuatu pada kita, dan itu harus dipenuhi, agar mereka mau menjaga harta kita. Dan biasanya akan mengarahkan kita pada perbuatan yang syirik.

Penjagaan yang sifatnya ghaib dalam Islam juga ada ajarannya, biasanya ajaran ini untuk menghalangi setan atau jin yang ingin mencuri. Kalau pencurinya makhluk halus, maka Satpam yang menjaga tidak dapat menghalangi. Kecuali jin itu menampakan diri seperti di zaman Abu Hurairah, dan jin itu bisa ditangkap olehnya. Oleh karena itu, ada penjagaan-penjagaan yang sifatnya ghaib, untuk menangkal hal-hal seperti itu.

Karena sifatnya ghaib, seperti yang disebutkan oleh Rasulallah saw adalah menutup pintu atau menutup apa saja dengan Basmallah. Nabi saw pernah bersabda bahwa tempat yang ditutup dengan Bismillah, maka tidak akan bisa dibuka oleh setan. Untuk itu, tutuplah gudang atau rumah anda dengan Bismillah, maka dapat menjaga dari usaha pencurian yang dilakukan oleh jin atau setan.

Saya sarankan juga, bahwa sesungguhnya yang dapat membersihkan harta kita adalah zakat. Artinya, hal ini bisa dijadikan pelajaran, siapa tahu kita lupa untuk menzakatkan harta kita, sebab sesungguhnya ada hak orang lain pada harta kita, Jadi, lakukanlah zakat. Semoga Allah SWT melindungi keluarga anda.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...