12/18/2007

Dukun Menyembuhkan Penyakit yang Tidak Bisa Diobati Dokter

Pertanyaan :

Seorang lelaki menderita sakit yang semakin lama semakin parah. Dia telah banyak pergi ke banyak dokter, tetapi Allah belum menakdirkan kesembuhannya melalui tangan para dokter itu. Kemudian dia pergi ke seorang lelaki (dukun) yang bertawassul, beristighatsah, bertabarruk kepada penghuni kubur, dan Allah menakdirkan kesembuhannya melalui orang (dukun)tersebut.

Apakah mendatangi orang sepeti itu dibolehkan ? sebab hal itu terjadi berulang kali sehingga orang-orang menjadikannya sebagai tempat bersandar dan meyakini bahwa orang itu dapat menyembuhkan dengan cara mengerjakan amalan-amalan kesyirikan kepada Allah ?semoga Allah melindungi kita darinya-. Bagaimana hukum agama tentang hal yang seperti ini ?

Jawaban :

Haram hukumnya mendatangi orang yang mengerjakan perbuatan syirik, seperti doa meminta-minta kepada penghuni kubur dan beristighatsah kepada mereka agar diberi kesembuhan leawat doa, jampi-jampi, atau yang semisalnya.sekalipun orang ada yang mendapatkan manfaat darinya, karena kebetulan kadang-kadang bertepatan dengan takdir Allah, lantas mereka menyangka dalam benak mereka bahwa hal itu terjadi karena dukun tersebut. Padahal bisa jadi penyakitnya itu karena ulah perbuatan setan, yang kemudian menipunya agar mendatangi dan meminta kepada orang-orang musyrikin itu (para dukun). Begitu dia meminta kepada para dukun tersebut, maka setan-pun berhenti menyakitinya.

Sumber:
Al-Lajnah ad-Daimah li al-Buhuts al-Ilmiyyah wa al-Ifta\'. Ketua: Abdulaziz bin Abdullah bin Baz, Wakil Ketua: Abdurrazzaq Afifi, Anggota: Abdullah bin Ghudaiyyaj, Abdullah bin Qu\'udj\'.
Disalin dari Majalah Fatawa, Vol 03/Th.II/1425H-2004

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...