3/12/2009

Apakah Mati Sebelah Akibat dari Migrain?

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Saya seorang mahasiswa berumur 22 tahun. Langsung saja saya ingin menanyakan kepada Pak Toto tentang sakit yang sedang saya alami sekarang. Begini Pak, 15 hari yang lalu saya terserang sakit kepala sebelah kiri dan itu pertama kali saya mengalami penyakit seperti itu. Ketika itu saya tidak panik bahkan saya mengira itu penyakit seperti sakit kepala biasa sehingga saya pun cuma istirahat tidur supaya tidak sakit lagi. Namun, pada kenyataannya sakit kepala sebelah tersebut tidak berkurang juga sampai 1 minggu sampai akhirnya saya ke apotik dan membeli obat migrain. Setelah minum obat migrain tersebut, sakit sebelah yang saya rasakan itu berkurang.

Esok harinya kepala saya mulai tidak terasa sakit lagi. Tapi ada beberapa keanehan lain lagi yang timbul yaitu mata dan mulut saya sebelah kiri susah untuk digerakkan sehingga mata saya sebelah kiri itu agak susah untuk berkedip dan bibir saya sebelah kiri tidak mampu berbicara secara normal. Saya pun makin bertambah khawatir kalau kalau saya menderita tekanan darah tinggi sehingga menderita stroke hingga akhirnya saya ke dokter spesialis. Dokter pun mengatakan bahwa tensi darah saya masih dalam kondisi normal. Namun cuma terjadi radang pada bagian saraf mulut dan mata sebelah kiri.

Nah yang ingin saya tanyakan:

1. Apakah penyebab pertama mulut dan mata saya tidak normal (tidak bisa bergerak) itu disebabkan migrain yang saya alami selama 1 minggu itu? Atau mungkin urat-urat saya pada bagian kepala sebelah kiri mengalami gangguan karena posisi tidur saya yang tidak benar? Atau ada penyakit yang lain misalnya radang?

2. Apa saja yang bisa menyebabkan radang?

3. Apakah ada terapi yang bisa menormalkan kembali urat saraf kepala bagian sebelah kiri saya sehingga mata dan mulut saya kembali normal?

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan ribuan terima kasih. Jazakallah Kheiran Katsiran.

Hipli

Jawaban
Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Hipli Yth.

1. Penyakit migrain atau sakit kepala sebelah merupakan bagian dari sakit kepala (headache) yang disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah, atau terhambatnya asupan oksigen ke kepala. Hampir semua pusing migrain berhubungan dengan pembuluh darah kepala dan leher.

Penyebabnya bisa diakibatkan beberapa faktor misalnya, perubahan hormon, perubahan temperatur yang mendadak, masalah kejiwaan, obat-obat perangsang dan makanan yang banyak mengandung nitrat dan MSG.

Makanan yang bersifat merangsang, entah itu mengandung MSG, tyramin, dopamin, kafein, atau zat nitrat yang banyak terdapat pada daging sapi olahan, sosis, atau mie instant, pada orang yang peka memang bisa langsung mengganggu fungsi pembuluh darah kepala atau leher.

Pasalnya, beberapa puluh menit setelah makanan masuk ke dalam perut, terjadilah penyempitan pembuluh darah. Yang menyebabkan asupan oksigen ke otak, bila hal ini terjadi dalam beberapa menit, maka akan mengakibatkan terjadinya kerusakan sel-sel saraf di otak. Kerusakan itu lalu mempengaruhi sistem saraf yang lain, dalam hal ini yang terkena dampaknya adalah saraf di wajah dan mulut.

2. Penyakit anda bukanlah karena radang melainkan ada kerusakan pada sistem saraf di otak, sehingga otak tidak bisa mengontrol gerakan yang terjadi di sekitar wajah dan bibir anda.

Jika tidur, tidurlah dengan posisi yang benar, karena posisi tidur akan menentukan apakah anda akan bangun dengan sakit kepala atau tidak. Tidur tengkurap dapat menyebabkan nyeri kepala karena otot-otot di leher menjadi tegang dan berkontraksi. Cobalah tidur terlentang. Bila anda seorang yang tidak bisa diam ketika tidur, gunakan bantal tipis untuk menahan leher agar bisa tidur nyaman di tempat.

3. Insya Allah masih bisa disembuhkan seperti sedia kala. Ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk menyembuhkannya yakni dengan bekam, akupuntur dan herba, serta cara-cara alami lainnya. Dengan herba, anda bisa mengonsumsi Herba Tuju Angin, Omega-3 Softgel, Mengkudu dan Teh Asiatica. Cara minumnya, 2 kapsul pagi dan sore untuk Herba Tuju Angin, Omega 3 dan Mengkudu, 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Bisa diminum bersama Teh Asiatica yang telah diseduh dicangkir dan ditutup, lalu diminum ketika hangat.

Bila anda sedang shalat, saat sujud, tekanlah dahi ke sajadah atau tikar, bebankan dahi dengan berat badan anda. Hal ini dapat memperlancarkan aliran darah dari jantung ke kepala. Karena, ketika sujud, posisi jantung ada di atas kepala. Semakin lama anda sujud semakin baik untuk melancarkan asupan oksigen secara maksimal ke otak, selama sujud anda terus berdoa meminta kesembuhan kepada Allah.

Ada baiknya jangan terlalu sering minum obat anti migrain atau sakit kepala. Karena rutin menelan obat penghilang nyeri bisa membuat nyeri kepala bertambah parah, yang dinamakan kondisi bumerang (rebound). Baik obat resep maupun yang dijual bebas, bila dikomsumsi terlalu sering bisa menurunkan bisa menurunkan toleransi anda terhadap rasa sakit. Sebagai patokan umum, dalam kondisi normal, sebaiknya anda tidak menelan pil lebih dua kali dalam sebulan. Berbeda dengan herba yang tidak mempunyai efek samping sama sekali, bahkan bersifat menyembuhkan secara menyeluruh.

Untuk mengatasi migrain yang saat menganggu aktifitas itu, disarankan selalu melakukan olahraga kecil, seperti jogging dan senam. Hindari minum kopi yang berlebihan. Karena zat caffein yang ada di dalam kopi sangat cukup berpengaruh membentuk terjadinya migrain. Meski, untuk sebagian orang, sakit kepala bisa disembuhkan dengan kopi.

Jika di tempat anda praktisi bekam, cobalah minta dibekam di titik kepala (tepat di tengah ubun-ubun), leher, punuk dan kedua bahu. Titik-titik tersebut dapat melancarkan aliran pembuluh darah dari jantung ke kepala.






1 comment:

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...