3/12/2009

Bau Nafas Menahun

Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillah saya bisa bergabung. Saya tertarik dengan pertanyaan sebelumnya mengenai bau mulut/bau nafas. Saya pria 23 tahun, sejak kelas 1 SMP mengalami gangguan bau mulut/bau nafas. Saya sangat tertekan dan tidak PD. Berkali-kali ke dokter tapi belum sembuh. Pernah amandel dan telah operasi tahun 2001.

Saya mengalami mulut kering, sulit BAB dan tenggorokan kering tapi kadang berdahak, pangkal tenggorokan (bekas amandel) jika disentuh dengan jari maka bau busuk terasa menempel di jari. Gangguan ini membuat saya cepat pusing, tidak nyaman dalam pergaulan dan stres, serta selalu menyalahkan diri sendiri.

Mohon bantuannya, apa yang harus saya lakukan, obat apa yang harus saya minum? Jazakallahu khoiron katsiro atas bantuannya.

Ocan


Jawaban
Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Ocan Yth.

Istilah bau mulut sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti halitus (nafas) dan osis bermakna keadaan. Jika diartikan secara harfiah kira-kira berarti nafas yang kurang sedap.

Penyebab dari bau mulut atau halitosis memang bermacam-macam, salah satunya adalah amandel. Amandel atau tonsil yang terinfeksi, terutama yang sudah akut, memang bisa menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Infeksi yang disebabkan oleh kuman Streptococcus beta hemolyticus ini mempunyai ciri khas yang unik.

Jika anda sering merasa sakit pinggang, rematik dan jantung sering berdebar-debar, bisa jadi bau mulut itu disebabkan oleh amandel yang terinfeksi. Sebab, kuman tersebut dalam waktu yang bersamaan juga berusaha menyerang ginjal, jantung dan persendian.

Hal ini bisa dimaklumi karena amandel kendati bentuknya kecil tapi merupakan salah satu jaringan limfoid yang memproduksi sel limfosit (salah satu jenis sel darah putih) yang berperan dalam memproduksi Imunoglobulin A. Sebagai salah satu sistem pertahanan dalam tubuh.

Tidak tertutup kemungkinan amandel anda yang masih meninggalkan bau tak sedap mengindikasikan adanya infeksi pada tonsil itu. Hal ini diperburuk lagi dengan kondisi mulut dan tenggorakan anda yang kering, menyebabkan di daerah tersebut rawan terjadi iritasi yang memungkinkan kuman, bakteri atau virus masuk ke tubuh anda.

Anda bisa mencoba Malac, Spirulina, Coscinium Plus, Roselle dan Teh Herba. Cara mengonsumsinya, 2 x 2 untuk herba Malac, Spirulina, Roselle dan Coscinium Plus, diminum pagi dan malam ketika hendak tidur, 30 menit sebelum makan, bisa diminum bersama Teh Herba yang telah diseduh di cangkir, dan diminum ketika hangat-hangat kuku.

Di samping itu, sebaiknya anda juga banyak minum air putih, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya dehidrasi atau gangguan ginjal yang diakibatan karena kurangnya cairan di dalam tubuh.





No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...