6/06/2009

Rahasia penjumlahan angka Joe Sandy (The Master)

Pernah dalam salah satu episode si Joe Sandy mengumbar tantangan yaitu bagaimana mengisi kotak 4x4 dengan berbagai angka dimana satu baris tidak boleh ada angka yang sama tetapi jumlahnya dalam semua baris harus sama. Kelihatan susahkan, namun ternyata triknya tidak ssulit yang dibayangkan. check this out:

Coba kita flashback lagi gimana si Joe memecahkan kasusnya. Pertama-tama dia diberi kotak 4x4 yang kosong untuk diisi. Akhirnya ia bisa mengisi semua kotaknya dengan angka tepat dengan jumlah angka yang diinginkan penonton. Ceritanya Master Deddy nguji dia kembali dengan mengubah jumlah angkanya jadi 93. Beberapa saat kemudian si Joe kembali beraksi lalu dalam waktu sekian detik ia berhasil kembali. Standing applaus buat si Joe kamu tahu triknya mungkin kamu gak terlalu heran. Coba deh perhatikan ini:
1. Oke, sama seperti apa yang Joe Sandi lakukan, saya memberikan kotak 4x4 yang kosong ke kamu, sekarang tugasnya adalah melengkapi semua kotak ini dengan beberapa angka berbeda dengan jumlah yang sama. tentuin angkanya adalah 93 deh.
Image Hosted by ImageShack.us

2. Tarara...inilah dia semua angka yang gak ada yang sama dalam satu baris tetapi jumlahnya semua sama yaitu 93, look at this:
Image Hosted by ImageShack.us

Tanda merah menandai angka-angka mana saja yang dijumlahkan.
3. Bener kan? nah sekarang saya akan mengubah agar jumlahnya menjadi 100, bisakah dalam waktu yang singkat? sedikit mikir akhirnya dapat lagi jawabannya yaitu ini:
Image Hosted by ImageShack.us

4. Perhatikan baik-baik keduanya yaitu saat semua berjumlah 93 dan berjumlah 100, ada yang anehkah? ya kamu bener kalau melihat ada beberapa angka yang diubah sementara yang lainnya tidak, inilah dia angka yang diubah, lookj tandai dengan warna merah:
Image Hosted by ImageShack.us

5. Jadi kesimpulannya? benar sekali pemirsa, ternyata polanya hanya ada 1 dan kamu cuma perlu mengisi kotak yang kosong agar jika dijumlahkan pas dengan angka yang dimaksud. Ini polanya:
Image Hosted by ImageShack.us

6. Nah, misalnya minta lagi agar jumlahnya 103 bisa gak? ya bisalah dengan mengisi kotak-kotak kosong itu menyesuaikan jumlah yang lookj maksud.
Gimana? bisa kan? ternyata ini bukan sesuatu yang gak bisa dipecahkan. Siap menantang Joe Sandy?

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...