12/11/2007

Selalu Timbul Rasa Takut Salah Bila Melakukan Wudhu dan Sholat


Asalaamu'alaikum wr. wb.

Ustadz, saya mempunyai masalah kalau ingin sholat selalu mempunyai perasaan takut, takut karena wudhu dan sholatnya terus diulang-ulang, sampai-sampai saya sholat hampir diakhir waktu, agar saya bisa tahan wudhunya untuk sholat berikutnya.

Karena capek wudhu dan sholatnya terus diulang-ulang, saya sampai pegal dan pusing, dan saya selalu meerasa sholatnya tidak benar,

niatan untuk sholat zuhur, tapi ketika takbir untuk memulai di dalam hati bilangnya beda. Saya sudah coba shoum Senin Kamis, tapi masih aja diulang-ulang.

Selain itu, saya sering merasa deg-degan kalau mau mulai wudhu dan sholat. Saya bingung, apa nama penyakit yang saya derita ini? Namun, ketika saya mendengerkan kaset ruqyah, tidak mengalami reaksi apa-apa, atau saya merasa takut untuk mengatasi sendiri? Kalau ternyata saya terkena gangguan jin, bagaimana ustadz? Jazakallah.

Wassalaam,
Dian

Jawaban
Wa'alaikumsalaam wr. wb.

Saudara Dian, apa yang anda alami itu disebut dengan rasa was-was, kalau dibiarkan akan sangat berbahaya. Was-was timbul dari hal yang sangat sepele sampai kepada tingkat mengacaukan ibadah seperti yang anda alami, bahkan sampai mengacaukan urusan rumah tangga. Di mana sampai pada ujungnya, orang akan merasa ragu, apakah pernikahannya dulu sah atau tidak. Rasulallah saw pernah bersabda, bahwa rasa was-was itu, rasa takut dan khawatir yang berlebihan datangnya dari setan.

Yang anda alami seperti wudhu berulangkali, sholat terus diulang-ulang karena merasa tidak sah. Hal ini merupakan usaha setan, untuk menarik anda pelan-pelan keluar dari Islam atau untuk tidak beribadah lagi. Untuk itu, saran saya adalah rasa was-was ini harus dihilangkan dengan ruqyah kembali, mintalah bantuan ustadz yang bisa meruqyah dan katakanlah masalah anda.

Selain itu, anda sendiri harus mempunyai perlawanan dari dalam diri yaitu dengan membaca doa sebelum melakukan aktifitas, karena Rasulallah saw. mengajarkan sebelum kita memulai aktifitas bacalah bismillah dengan baik dan sepenuh hati. Anda harus melawan, misalnya ketika anda selesai berwudhu, tiba-tiba hati anda berbisik bahwa wudhu anda tidak sah. Maka lawanlah rasa was-was itu, dan teruslah berjalan untuk sholat, anda harus mempunyai tekad untuk melawan. Bila sudah selesai sholat, jangan diulang karena itu akan membuka pintu bagi setan untuk masuk dan menimbulkan rasa was-was.

Jangan dibiasakan melakukan hal-hal yang membuat anda menjadi ragu, jadi lakukanlah hidup dengan sangat mantap. Mintalah pertolongan pada Allah SWT, agar anda hidup dengan penuh kemantapan. Sehingga tidak ada kesempatan setan untuk masuk melalui pintu was-was.

Wassalaamu'alaiukum,
Ustadz Budi Ashari

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...