12/11/2007

Sering Mual dan Pusing Kalau Membaca Al-Quran


Assalamu'alaikum Wr Wb, Ustadz Budi

Saya mempunyai satu permasalahan yang ingin saya tanyakan, sebelumnya saya juga sempat mengirimkan pertanyaan yang sama, hanya sampai saat ini belum terjawab juga. Oleh karena itu saya ingin mengajukan pertanyaan itu lagi, karena sampai saat ini saya belum tahu solusinya.

Begini Ustadz, kenapa yah saya itu sering merasa mual, pusing dan merasa gerah ketika saya membaca Al-Qur'an. Dan saya juga sering merasa malas untuk melaksanakan sholat Isya, sehingga waktu sholat Isya pun saya tunda-tunda. Sebenarnya saya merasa berdosa sekali, dan yang pernah saya baca pun, "Barang siapa yang merasa kesulitan (malas ) saat melakukan sholat subuh dan Isya, berarti di hatinya telah tersemai bibit kemunafikan. (Naudzubillah ) "

Pertanyaannya, bagaimana solusi permasalahan saya tersebut dan perlukah saya melakukan ruqyah, jikalau perlu, di mana saya bisa melakukan ruqyah tersebut? Saya mohon jawabannya, jazakillah.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Akhwat

Jawaban

Wa'alaikumsalaam wr. wb.
Akhwat yang penyabar, maaf ya baru sekarang saya menjawab pertanyaan anda, karena begitu banyaknya pertanyaan yang masuk ke redaksi kami.

Alhamdulillah kalau anda telah mengetahui, bahwa sholat yang sangat berat untuk melaksanakannya dan juga dapat menimbulkan kemunafikan itu adalah sholat isa. Oleh karena itu, agar kita terhindar dari kemunafikan, maka janganlah menunda-nunda sholat isa karena kemalasan.

Seluruh sholat lima waktu, yang paling utama adalah mengerjakannya diawal waktu sebagaimana yang disabdakan Nabi saw. Tetapi, khusu untuk sholat isa memang ada hadis yang lain, di mana yang lebih utama mengerjakan sholat isa yakni di tengah malam. Seperti yang disabdakan oleh Nabi saw, "Kalaulah tidak memberatkan umat Ku, maka Aku akan menyuruh mereka untuk mengakhirkan sholat isa sampai sampai separoh setengah malam."

Artinya ini utama, tapi syaratnya anda harus sholat dengan semangat, kalau orang itu malas, maka sholatnya akan mengganggu kekhusyuannya. Jadi orang yang sholat di tengah malam dengan semangat yang tinggi dan berjamaah, maka ini lebih baik daripada orang yang berjamaah sholat isa diawal waktu, begitu seperti yang disabdakan Rasulallah.

Hanya saja, kalau masalahnya seperti yang anda hadapi sekarang. Maka saya sarankan anda untuk tidak mengerjakan sholat isa di tengah malam. Jadi begitu azan terdengar atau sebelum azan terdengar, anda sudah siap berwudhu dan bersiap melakukan sholat Isya, jadi jangan ditunda, sebagus apapun aktivitas kita saat itu. Hal ini dalam rangka terapi, agar kita dapat mengerjakan sholat Isya dengan segera, dan lakukanlah secara berjamaah.

Banyaklah berdoa, dan ingat-ingatlah bahwa mengakhirkan atau bermalas-malasan mengerjakan sholat merupakan kebiasaan orang munafik. Untuk itu, hal ini jangan sampai terjadi pada kita, karena kita tentu tidak ingin menjadi orang yang munafik. Tetapi, saya sarankan dari kasus yang anda ceritakan, sebaiknya anda ikut ruqyah. Kalau anda tinggal di Bandung, ada cabang ghaib ruqyah syar'iiyah, jl. Kartika I No. 202 B KPAD - Gegerkalong, Bandung telp. 022 - 702 69 655.

Perasaan mual, pusing, gerah dan sebagainya ketika anda membaca Al-quran, merupakan indikasi tidak wajar dan tidak benar. Seorang yang beriman, ketika dibacakan atau membaca Al-quran, maka hatinya akan bergetar bahkan begitu tunduknya hati ini maka akan menimbulkan kedamaian saat dibacakan ayat-ayat Allah SWT. Oleh karena itu, anda harus melakukan terapi ruqyah, mudah-mudahan masalah anda segera selesai, dan mudah-mudahan rasa malas yang ada pada anda segera hilang.

Wassalamu'alaikum wr. wb.
Ustadz Budi Ashari

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...