3/12/2009

Obat Ginjal Kronis

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya ingin sekali memberikan obat alami untuk ibu saya. Dan sebelumnya saya ceritakan sedikit awal sakitnya ibu saya. Mulanya ibu saya makan sayur bersantan, kemudian ibu saya BAB, dan minum obat dari dokter. Namun di saat belum kunjung sembuh, BAB itu berganti darah. Jadilah ibu saya BAB-nya darah hitam yang cukup sering dan lumayan banyak.

Pada akhirnya ibu saya dirawat di RS selama dua minggu. Alhamdulillah beliau agak baikan. Menurut dokter ibu saya sudah komplikasi lambung dan usus. Ginjalnya juga ada sedikit kerusakan. Kemudian setelah ibu saya boleh pulang, pada malam harinya ibu saya demam. Saya berikan obat demam dari dokter. Ternyata perut ibu saya ada benjolan cukup besar. Segera saya bawa kembali ke dokter. Ternyata benjolan itu adalah air seni. Yang menurut dokter tidak ikut semua dengan buang air seninya.

Akhirnya ibu saya dirawat lagi delapan hari menurut dokter, ginjal ibu saya sudah tidak berfung dikarenakan asam uratnya yang berlebih. Kebetulan ibu saya memang jarang minum dan susah makan. Lalu dokter menyarankan menggunakan kateter untuk BAK. Selama sebulan ibu saya menggunakannya dan alhamdulillah sekarang sudah lancar kembali.

Tapi dokter memberikan obat ginjal dan obat asam urat yang mahal sekali. Di samping itu kulit ibu saya mengelupas seperti kepanasan dan kering. Hingga ketika obat ginjalnya habis, ibu saya hanya meminum obat asam urat dan obat lainna saja. Dan kulitnya tidak mengelupas lagi tapi kaki ibu saya bengkak merah sampai betis dan keras. Apakah itu pengaruh obatnya? Kata dokter penyakit ginjal ibu saya yang menyebabkan kakinya bengkak.

Sekarang saya takut memberikan obat kimia pada Ibu saya karena tidak ada perubahan berarti pada kakinya. Adakah obat herbal yang Bapak anjurkan untuk ibu saya?

Terima kasih dan Assalamu'alaikum,

Lia

Jawaban
Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudari Lia Yth.

Ginjal merupakan bagian utama dari sistem saluran kemih yang terdiri atas organ-organ tubuh yang berfungsi memproduksi ataupun menyalurkan urin ke luar tubuh. Ginjal dan organ-organ sistem saluran kemih lainnya dapat mengalami gangguan, yang menyebabkan terganggunya sistem pembuangan air seni.

Faktor makanan ikut berpengaruh terhadap masalah ini, misalnya bila seseorang makan makanan yang banyak mengandung asam urat seperti emping melinjo, jeroan, bayam, maka air kemihnya akan lebih banyak mengandung asam urat sehingga risiko terbentuknya batu asam urat dalam ginjal dan saluran kemih pun meningkat.

Seperti diketahui, ginjal yang besarnya sebesar kepalan tangan orang dewasa dan mempunyai pembuluh darah yang sangat banyak (sangat vaskuler) berfungsi untuk menyaring dan membersihkan darah. Aliran darah ke ginjal adalah 1,2 liter/menit atau 1.700 liter/hari, darah tersebut disaring menjadi cairan filtrat sebanyak 120 ml/menit (170 liter/hari) ke Tubulus. Cairan filtrat ini diproses dalam Tubulus sehingga akhirnya keluar dari kedua ginjal menjadi urin sebanyak 1-2 liter/hari.

Ginjal berfungsi sebagai berikut: Bertugas sebagai sistem filter/saringan, membuang 'sampah'; Menjaga keseimbangan cairan tubuh; Produksi hormon yang mengontrol tekanan darah; Produksi Hormon Erythropoietin yang membantu pembuatan sel darah merah; Mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang.

Jadi, bila ginjal bermasalah, maka akan membawa dampak pada fungsi-fungsi ginjal tersebut di dalam tubuh. Yang akhirnya akan mempengaruhi mekanisme kerja organ-organ lainnya di dalam tubuh.

Sebenarnya, penatalaksanaan yang terbaik untuk penderita ginjal, selain mengatur pola makan yang sehat, juga rutin melakukan olahraga seperti jalan atau lari pagi. Minum air putih sebanyak 2,5 liter merupakan kewajiban, termasuk menghindari berbagai jenis makanan seperti: soto jeroan sapi, makanan yang bersantan, es krim, keju, milk shake, kopi, cola dan lain-lain.

Herba untuk masalah ginjal dan ginjal adalah Malac. Cara minumnya, bukalah 4 kapsul Malac, masukan ke dalam 1/4 gelas, kira-kira 150 cc, diaduk hingga rata, lalu endapkan sebentar. Setelah itu, minum airnya saja, sehari 3 kali. Atau 2 kapsul tiga kali sehari sebelum makan. Sedangkan untuk asam urat, ibu anda bisa mengonsumsi Ardisia dan Teh Herba, cara meminum Ardisia sama dengan Malac, hanya saja cukup 3 kapsul per hari. Sedangkan Teh Herba bisa diminum setelah diseduh di cangkir, lalu diminum ketika hangat pagi dan sore. Sebaiknya mengonsumsi herba dilakukan 30 menit sebelum makan.





No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel, diharapkan kepada para pembaca untuk menuliskan kesan/komentarnya. Terimakasih...